Jumat, 06 Maret 2009

ANIMASI

Animasi 3D memiliki prinsip dasar kerja yang sama dengan animasi 2D, yaitu frame per frame.
A. Mengatur Animasi
1. Auto Key dan Key-frame, adalah tombol untuk membuat/ memproses animasi.
• Auto Key merupakan tombol yang digunakan untuk memulai proses merekam gerakan (penganimasian)
• Key-frame, merupakan penunjuk frame yang menjadi kunci, proses animasi tersebut.
2. Animation Control, merupakan tombol – tombol yang digunakan untuk mengontrol jalannya animasi:
• Go To Start: Kembali pada frame pertama
• Previous frame: Menjalannkan frame sebelumnya
• Play Animation: Menjalankan animasi
• Pause Animation: Menghentikan animasi
• Next Frame: Menjalankan frame selanjutnya
• Go To End: Menuju pada frame terahir
• Key Mode to angle: mengatur previous dan next frame sesuai dengan key-frame.
3. Time Configuration, merupakan cara pengaturan configurasi waktu animasi. Menyangkut durasi animasi, mode animasi, dan jumlah frame.
• Frame Rate: Mengatur kecepatan animasi, dihitung dalam fps (frame per second): NTSC (30 fps), PAK (25 FPS), dan Film (24 fps) merupakan standar yang ada pada animasi.
• FPS: Frame per Second, jumlah frame yang dijalankan setiap detik
• Time Display: Mengatur jenis waktu dan key-frame
• Real Time: Menjalankan proses animasi sesuai dengan waktu sebenarnya
• Active Viewport Only: Menjalankan animasi hanya pada viewportnya sendiri
• Speed: Menentukan kecepatan pemutaran frame, merupakan prosentase dari percepatan normal
• Animation: Mengatur jumlah frame
Work Sheet
Animasi Transform
1. Buat sebuah sphere
2. Aktifkan tombol Auto Key
3. Geser Key-frame ke frame tertentu (co: 50), lalu tarik keatas objek sphere
4. Geser kembali Key-frame ke frame 100
5. turunkan objek
6. Matikan tombol Auto-key. Jalankan. Dengan memilih tombol play pada Animation Control.

Animation Modify
A. Bend
1. Buat sebuah silinder dan atur segmennya, lalu runcingkan ujungnya dan beri curve.
2. Modifikasikan objek dengan Bend, beri angle=180
3. Aktifkan Auto-Key
4. Geser Key-frame ke frame 25, ganti parameter Bend amount= - 180
5. Geser Key-frame ke frame 50, ganti parameter Bend amount= 180
6. Geser Key-frame ke frame 75, ganti parameter Bend amount= - 180
7. Geser Key-frame ke frame 100, ganti parameter Bend amount= 180
B. Path-deform
1. Buatlah sebuah sphere
2. Buat pula sebuah helix
3. Modifikasikan sphere dengan Path-deform. Pilih helix sebagai pathnya, atur stretch-nya (misal=5)
4. Geser Auto key ke frame 100, lalu ubah besaran percent pada modifier Path-deform menjadi 95
C. Ripple
1. Buat sebuah kotak, atur segmennya
2. Modifikasikan kotak dengan Ripple, lalu atur parameternya
3. Aktifkan tombol Auto Keynya
4. Geser key-frame ke frame= 100, lalu Move dan Scale Sub objek
D. Animasi Boolean
1. Buat kotak dan silinder
2. Buatlah perpotongan, dengan silinder memotong kotak (menggunakan oprasi boolean).
3. Aktifkan tombol Auto-Key
4. geser Key-frame ke frame = 50, lalu besarkan (dengan scale) Sub-objek operand
5. geser key-frame ke frame=100, lalu kecilkan kembali sub-object Operand, kemudian pindahkan keluar (keatas) objek boolean.
E. Animasi Kamera
1. Buat objek dengan disusun berurutan
2. Buat kamera, lalu atur posisinya
3. Aktifkan tombol Auto key
4. Geser Key-frame ke frame = 100, lalu geser kamera dengan melewati objek – objek yang disusun tadi
F. Animasi Cahaya
1. Buat objek dengan disusun berurutan
2. Buat kamera, lalu atur posisinya
3. Aktifkan tombol Auto key
4. Geser Key-frame ke frame = 100, lalu geser cahaya dan ubah parameternya.
Practice
Animasi Dasar (Animasi Bendera)
A. Membuat ObjeK
1. Dari top viewport, buat kerucut dari cone dengan radius1=35, radius2=20, height=30,sides=4smooth=off. Lalu rotasikan=45o, lalu beri nama alas.
2. Buat silinder, dengan radius= 3 dan hight= 250, letakkan ditengah kerucut. Kemudian dari front viewport letakkan silinder di atas kerucut, dan beri nama tiang
3. Pada front view por, buat plane (Create> Geometri> Standard Primitives> Plane), dengan lenght= 50, width= 70, dan berinama bendera.
Selanjutnya membuat bendera bergelombang disemua bagian
4. Pilih objek bendera, lalu buka tombol modify
5. Selanjutnya pada rollout modifier pilih Mesh Select. Dan pada rollout Mesh Select Parameters, aktifkan sub-modifier Poligon.
6. Pada main tool bar, aktifkan tombol select object, window/ crossing. Kemudian pada front viewport klik dan drag (ujung kiri atas ke ujung kanan bawah), akan tetapi tidak semua objek polygon terpilih ( polygon – polygon paling kanan ).
7. Buka Modifier List, dan pilih wave. Atur nilai amplitode1 dan amplitode2= 2, serta Lenght=20
8. Pada Modifier Stack, buka sub-modifier wave, lalu pilih gizmo. Disini arah gelombang akan dibuat menjadi vertikal.
9. Aktifkan angle snap, kemudian rotate gizmo= 90o . Jika sudah matikan sub-modifier wave.
10. Periksa posisi objek disemua viewport. Pastikan posisi tiang bendera sudah ditengah alas, bendera sudah terpasang diujung tiang.
B. Menerapkan Material
11. Keti M, untuk membukan material editor. Pada material editor ubah sample menjadi BOX, dan beri nama menjadi Merah Putih.
12. Pada rollout blin basic parameter, klik Map Swatch pada Diffuse. Lalu pada daftar map, klik ganda pada Cecker.
13. Pada rollout Checker parameter, klik color swatch pada color #1 dan ubah warna menjadi merah (RGB=255,0,0)
14. Pada rollout Coordinates, ubah tiling U=0,5 dan Offset U=0,5, sambil mengamati perubahan pada slot 3
15. Terapkan material slot 1 pada bendera dan tiga pengikat, lalu aktifkan tombol Show Map in Viewport.
C. Membuat Kamera dan Pencahayaan
Pada langkah ini anda bebas menentukan cahaya dan kamera, akan tetapi animasi bendera tidak banyak membutuhkan cahaya dan kamera.
D. Mengatur Keyframe
Pada langkah ini tiang akan dianimasikan, dengan melalui 3 tahapan key frame, yaitu (I) Kondisi awal (tiang menekuk kekiri), (II) Tiang menekuk kekanan, dan (III) Kembali kekondisi awal.
16. Aktifkan tombol Auto key
17. Aktifkan modifier bend pada objek tiang dengan angle=15, dan Direction= -90
18. Pindahkan key-frame ke frame 50, lalu ubah nilai angle menjadi= -15.
19. Pindahkan key-frame ke frame 100, lalu ubah nilai angle menjadi= 15. Maka pada ruler frame, kini terdapat tiga garis frame, yaitu 0, 50, dan 100
Selanjutnya menganimasikan Bendera berkibar
20. Pilih objek bendera
21. Aktifkan Auto key, dan geser sampai ke frame 100
22. Ubah nilai phase dan modifier wive menjadi 4.
Kemudian proses selanjutnya menganimasikan ikatan bendera, agar sesuai dengan bentuktiang
23. Pindahkan objek bendera dan ketiga pengikatnya, lalu groupkan menjadi satu bagian, dan beri nama sang saka
24. Pindahkan Key-frame ke frame 0, Lalu dari viewport Left, pindah dan putarlah sang saka sehingga sesuai dengan tiang pada frame ke 0
25. Jika sudah pindah ke frame 50, lalu pindah dan rotasikan kembali ang aka, sehingga sesuai dengan tiang pada frame ke 50
26. Pada frame ke 100, Keadaan sang saka sama dengan frame 0, jadi drag garis pada frame 0 ke frame 100, untuk mengopsi key frame. Lalu matikan Auto key
E. Menyimpan Animasi
Langkah ini digunakan untuk merender dan menyimpan animasi
27. Aktifkan viewport perspective, lalu pilih tombol play pada Animation Control. AMATI!
Apabila animasi sudah benar proses selanjutnya rendering dan disimpan dalam bentuk animasi1.avi
28. Klik tombol pause untuk menghentikan animasi, lalu tekan tombol F10, untuk memanggil kotak dialog rendering
Time output: pilih Range, isi 0 to 99 didalam parameter untuk Range. Frame ke 100 tidak ikut dirender, karena kondisi objek sama dengan frame ke 0.
Render Output: Klik tombol files untuk membuka kotak dialog Render Output File, Pada save as type, pilih AVI File (*.AVI), dan pada file name beri nama Animasi1, kemudian klik save.
Drop down Viewport, Pilihlah perspective/ Camera, lalu klik tombol Render. Pada kotak dialog AVI FileCompression Setup yang muncul, klik Ok. Dan tunggu proses renderring hingga selesai.
F. Memainkan Animasi
Apabila proses rendering sudah selesai, selanjutnya animasi dapat dilihat hasilnya.
29. Klik menu file > View Image File. Maka muncul kotak dialog View File (digunakan untuk membuka file setandar)
30. Pada file of type, pilih AVI File (*.avi), dan pada File name , klik ganda pada nama Animasi1.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar