Jumat, 06 Maret 2009

MATERIAL

Material merupakan fasilitas yang digunakan untuk menambahkan kulit/ skin pada objek. Fasilitas ini dapat ditampilkan dengan memilih tombol material pada tollbar, atau dapat pula menggunakan short-cutnya, yaitu dengan menekan M pada keyboard.
A. Mengatur Material Dasar
Material dasar adalh material yang langsung disediakan oleh material editor.
1. Basic Parameter, parameter – parameter dasar yang digunakan untuk mengolah material yang ada. Parameternya yaitu:
a. Kualitas Permukaan
• Shading : Jenis – jenis kualitas permukaan material.
- Phong ( akurasi tinggi, paling sering digunakan )
- Metal ( jenis permukaan seperti metal, sedikit berpendar )
- Constant ( akurasi tidak tinggi )
• 2-sided : Menampilkan efek sinar bekerja didepan dan dibelakang. Efek ini pada material yang transparan ( menaikkan opacity )
• Wire : Menyebabkan material terbagi dalam bentuk segmen – segmen dalam bentuk rangka.
b. Warna Material Dasar, warna pada material dapat dipilih dengan memilih tombol yang berwarna, demngan pengertian:
• Ambien: Warna Gelap dari benda
• Specular: Warna terang dari benda
• Diffuse: Warna benda
c. Cahaya Permukaan
• Shininess: Luasa daerah bercahaya pada benda
• Shin. Strength: Kuat cahaya yang bekerja pada benda
• Self-Illumination: Tingkat kemampuan bercahaya dari dalam benda
• Opacity: Mengatur kepekaan benda. Opacity kecil, benda akan terlihat/ transparan, opacity besar benda akan terlihat jelas.
2. Extended Parameter, adalah fasilitas untuk mengatur lebih lanjut material dasar, seperti pengaturan bias cahaya.
• Falloff-in, yaitu mengatur bias cahaya kearah dalam.
• Falloff-out, yaitu mengatur bias cahaya kearah luar.


B. Membuat Material Baru
Yang dimaksud disini adalah material yang telah diberi efek – efek yang menimbulkan kesan tekstur bahan. Tekstur dapat diambil dari image file (gambar) atau tekstur – tekstur yang disediakan oleh software. Dapat dibuka dari panel Maps > Diffuse, untuk memilih tekstur bahan yang diinginkan.
• Menempelkan image (Bitmap)
Pilihan Bitmap berfungsi untuk menampilkan gambar tertentu (image) sebagai material pada objek. Untuk mengaktifkannya, tekan icon kotak disebelah teks Bitmap, image filenya dapat berupa JPG, TGA, TIF, atau GIF.
C. Mengatur Koordinat Mapping, koordinat mapping akan muncul jika material baru terbentuk. Sumbu – sumbunya yaitu U, V, dan W, fungsinya yaitu menentukan posisi map terhadap objek, dan memberi duplikasi (tiling). Panel ini terdapat pada panel coordinates.
• Offset: Menggeser posisi bitmap pada material
• Tiling: Mengatur duplikasi bitmap pada material
• Mirror: Mencerminkan bitmap pada material
• Tile: Mengaktifkan tile
• Angle: Perputaran koordinat material terhadap bitmap
• UV/ VW/ WU: Orientasi sumbu mapping
• Blur: Tekstur material terkesan kabur
D. Efek – Efek Material
Efek yang ada pada fasilitas software, efek – efek ini dapat dilihat dari panel Maps.
Efek Benjolan (Bumps), efek ini menciptakan efek permukaan yang tidak rata
Pada rollout Maps > pilih (ceckmark) pilihan untuk Bump. Bump-Amount digunakan untuk mengatur tebal tipisnya benjolan, Bump-Map digunakan untuk menentukan pilihan map.

Work Sheet
A. KAYU
1. Buat sebuah objek Primitive
2. Panggil material (M), lalu pada toolbar Material Editor klik tombol Get Material untuk membuka kotak dialog Material/ Map Browser.
3. Dibawah browser form, pilih Mtl Library. Kemudian pada daftar Material, cari dan klik 2kali Wood_oak
4. Pada rollout map, klim tombol map swatch pada Reflection untuk membuka kembali Material/ Map Browser, lalu pada daftar map, klik 2kali Flat Mirror.
5. Pada rollout Flat Mirror Parameters, aktifkan Applay to Faces with ID 1, agar efek cermin dapat muncul diviewport. Lalu pilih Go to Parent untuk kembali ke menu utama Material Editor.
6. Pada rollout Maps, ubah nilai Amount Field pada Reflection menjadi 25. ini digunakan untuk memberikan efek cermin menjadi 25%. Lalu tekan Assign Material to Selection.

B. CROME/ Mengkilap
1. Buat objek teko
2. Aktifkan Material Editor
3. Klik tombol Get Material untuk membuka kotak dialog Material/ Map Browser.
4. Dibawah Browser Form, pilih Mtl Library. Lalu pada daftar material, klik ganda pada Metal_Chrome, dan terapkan material ini pada objek teko.

C. KACA
1. Buat objek rectangle, dan atur parameternya
2. Aktifkan Material
3. Klik tombol Map Swatch pada Reflraction, untuk membuka kotak dialog Material/ Map Browser.
4. Klik ganda Raytrace, dan akan kembali ke Material Editor, menu Map Refraction
5. Klik Go to Parent, untuk kembali ke menu utama Material Editor, dan tidak melakukan proses editing lagi.
6. Pada toolbar Material Editor, klik tombol Background untuk menampilkan kotak-kotak dalam slot, sehingga material dalam slot dapat terlihat.
7. Pada rollout Maps, ubah nilai Amount Field untuk Refraction = 85 (default=100). Dan pada rollout Extended Parameters, ubah nilai Index of Rerection menjadi 1,1. Hal ini digunakan untuk mengatur efek pembiasan.
8. Jika sudah, terapkan material ke objek.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar