Jumat, 06 Maret 2009

Mengatur Cahaya/ Pencahayaan

Cahaya dapat diaktifkan dengan memilih tombol CREATE > LIGHT, software 3D Studio Max menyediakan lima jenis pencahayaan, yaitu:
1. Omni : Cahaya yang menyerupai lampu berpijar kesegala arah.
2. Target Spot : Cahaya yang terarah dari satu sumber dan menyebar sesuai dengan ukuran yang ditentukan.
3. Free Spot : Serupa dengan terget spot, perbedaannya free spot tidak memilki target.
4. Target Direction : Cahaya yang menyorot somber secara tegak lurus (tidak seperti omni, maupun spot).
5. Free Direction : Serupa dengan target direction, perbedaannya free direction tidak memiliki target.
A. Parameter Umum (General Parameter)
Digunakan untuk pewarnaan cahaya, objek yang terkena cahaya, dan efek – efek pencahayaan.
1. Pewarnaan (color), pewarnaan yang digunakan untuk mengatur kekuatan cahaya, warna cahaya, dan pengaruhnya terhadap objek yang terkena cahaya.
• R (red); G (green); B (blue), digunakan untuk mengatur proporsi warna pada cahaya.
• V, merupakan hasil penggabungan warna cahaya
• Tombol berwarn abu – abu yang digunakan untuk mengatur gelap, terangnya cahaya.
2. Exclude, fasilitas yang digunakan untuk menentukan objek yang terkena cahaya, dapat diatur pada kotak dialog exclude/ include.

3. Affect Difuse- Specular
Setiap benda memiliki 3 effect warna, yakni diffuse (warna dasar); Specular (warna terang); dan Ambient (warna gelap).
4. Attenuation, fasilitas yang digunakan untuk mengatur pengurangan efek – efek cahaya pada benda. Hal ini dimaksudkan untuk mengatur efek cahaya terhadap benda yang terjauh dan terdekat.
B. Parameter Titik Cahaya (Spot light parameters)
1. Hotspot dan Fallout, Fasilitas untuk mengatur batas bendar cahaya, hanya terdapat pada spot dan direction.
2. Over Shoot, fasilitas yang digunakan untuk mengatur kekuatan cahaya, bisa 2 kali lipat peningkatan tidak ada pada omni.
3. Projector, fasilitas yang digunakan untuk menyorotkan gambar (image), projector dapat digunakan pada semua cahaya, tatkala memantul pada benda. Dapat diaktifkan dengan memilih bitmap pada icon yang tersedia.
4. Parameter Bayangan (Shadow Parameter)
• Cast Shadow: Mengaktifkan efek bayangan pada cahaya yang dipilih
• Use Global Setting: Menggunakan setting keseluruhan
• Use shadow Maps: Memilih bayangan yang memiliki batas bias
• Use ray – faced shadow: Memilih bayangan yang memiliki batas jelas
• Map Bias: Mengatur bias bayangan

Work Sheet
1. Buat sebuah objek primitive
2. klik Create > Lights > Standard > Omni
3. Pada top viewport klik secara berturut – turut, didepan dibelakang dan ditengah objek. Lalu klik kanan untuk menghentikan
4. Dari viewport Left, pindah semua cahaya keatas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar